Halaman

Jumat, 05 Oktober 2012

Ayahbunda seperti ayahbundaku


Kalau bicara tentang berkhayal atau berimajinasi, kayanya buat saya itu hal yang menyenangkan. Gimana enggak, di dunia khayalan, kita bisa jadi apa saja, punya apa saja, makan dan minum apa saja layaknya seorang raja… hmmmm kalau dah ngayal tuh ya enaknya sambil bengong di teras rumah ditemani secangkir  teh manis hangat. dulu, waktu kecil, saya suka berimajinasi, contohnya suka ngomong sendiri, atau bermain gambar yang bisa diganti-ganti bajunya *saya lupa namanya*.
Ternyata eh ternyata, kebiasaan kecil saya itu menurun pada anak pertama saya, Aira. Saat ini usianya hampir 4 tahun. Dia sering banget ngomong sendiri. Misalnya lagi di kamar mandi, sambil berendam di kolam karet, dia bernyanyi-nyanyi lagu ciptaan sendiri. Salah satu lirik ciptaannya “…kalau ayah baik, Aira juga seneng, kalau bunda marah Aira enggak seneng….” Itu baru nyanyi, selanjutnya dia mulai ngomong sendiri. Yang diomongin sih sebenarnya cerita sehari-hari yang sederhana. Misalnya dia berperan sebagai dirinya yang mau beli bakso. Dia bilangnya “…bang, beli bakso bang..berapa? dua ribu bang..” atau pernah suatu hari ceritanya dia habis nonton film kartun, di film ada adegan kesetrum. Lalu ayahnya minta tolong diambilkan charger HP, Aira bilang “…gak mau ah yah, kalau Aira ambil kabel, nanti mukanya item, rambutnya berdiri..” maksudnya kesetrum. Saya dan suami sih tidak masalah dengan kebiasaan Aira. Kami tidak menganggap aneh, melainkan itu lucu.
Aira (saat tidak berkhayal ;-) )


Aira saat jadi tokoh favoritnya

Dalam urusan mendidik anak, saya sebagai fulltime mommy, senang membaca hal-hal yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak. Mulai dari browsing internet, membeli majalah, mengikuti milis, sampai sharing dengan ibu-ibu lain baik di rumah ataupun di sekolah Aira. Salah satu milis yang saya ikuti adalah ayahbunda. Setiap ada anggota milis yang membutuhkan informasi, langsung saya terima konfirmasinya di email. Sebelum punya anak, saya termasuk orang yang males buat baca-baca, apalagi harus online pula. Tapi setelah punya anak, membaca itu adalah seperti kebutuhan, ditambah lagi dukungan suami dengan membelikan laptop dan perangkat untuk jaringan internet.
Untuk tumbuh kembang anak, saya rajin membuka web ayahbunda.com, kaya sekarang ini, misalnya saya lagi butuh informasi tentang kebiasaan Aira, eeeh ternyata ada bahasan tentang balita suka mengkhayal. Jadi memang perkembangan anak itu unik, ada sebagian dari mereka yang memiliki pengalaman yang sama. Itulah pentingnya berbagi. Ayahbunda ini sudah kuanggap seperti ayahbundaku…*kalo ini bukan khayalan lho…* artinya seperti orangtua yang senang memberikan petuah dan ilmu-ilmu yang bermanfaat.
Selamat ulang tahun yang ke 35 ya ayahbunda wish you all the best deh..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar