Halaman

Minggu, 03 Juni 2012

Perut kembung



Waktu lahir, Aira cuma punya berat 1,5 kg. karena dia premature 7 bulan. Bentuk badannya yang segede botol, bikin hati saya miris kalo lagi inget. Jadi mukanya kecil, tapi perutnya besar. Ga taunya perut besarnya berlangsung sampe umur 23 bulan. Waktu umur 2bulan sih dia suka diurut sama mak aji gitu. Kalo diurut pasti deh dibilang perutnya kembung. Jadi saya disuruh naroin daun jarak biar ga kembung lagi. Caranya daun jarak kita remes (jangan sampe sobek) di campur minyak kelapa trus digarang di atas api, pake aja tutup panik or diatas penggorengan. Kalo sudah layu dan dingin, tuh daun jarak ditaro diatas perutnya, biar ga lepas, diikat pake gurita. Katanya sih dengan begitu, angin di perutnya akan keluar (si dede bakalan kentut terus). Oia, tips itu saya dapet dari emak (ibu kos) saya waktu kami masih tinggal di Meruya. Disana kental banget sama budaya tradisional, terutama dalam mengurus anak. Kata mereka apa-apa yang dilakukan sama “orang dulu” itu dijamin manjur. Karena aku awam dalam hal itu, jadi aku sih ikutin aja apa kata si emak, meskipun kadang jauh dari ilmu medis..
Kalo saya bilang sih dede sering kembung perutnya karena dia kebanyakan minum. Kata ayahnya juga gitu. Tapi kalo kata orang-orang kampung sih itu karena dede perutnya tipis, jadi gampang masuk angin. Penasaran sama kata orang-orang, kami pun bawa dede ke DSA. Kata DSA sih bukan masuk angin (ga ada istilahnya di kedokteran masuk angin), tapi mungkin ada gangguan di saluran cernanya.waduuuh kami makin bingung aja. What happen atuh de?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar